Obral Janji, Calon “Pemimpin” Bangsa

Dalam kampanyenya, para calon kepala daerah yang sedang berlaga di beberapa daerah selalu memberikan janji yang muluk – muluk setinggi langit. Kebanyakan mereka memberikan iming – iming bahwa jika mereka terpilih nanti akan membebaskan biaya pendidikan dan kesehatan. Ada pula yang lebih fokus ke arah sosial bahwa mereka akan lebih memperhatikan kaum tak berpunya. Ada pula yang fokus ke arah lingkungan bahwa mereka akan menyelamatkan daerahnya dari bahaya banjir dengan jalan ‘menyelamatkan’ hutan di daerahnya.

Kampanye para calon kepala daerah ini mudah kita dapati karena banyak ditayangkan di televisi. Pesta demokrasi sekarang ini memang terasa lebih mudah mendapatkan media sosialisasi. Kalau jaman dulu kampanye melulu harus melalui pengumpulan massa di satu titik tertentu lalu memberikan “obral janji” seluas – luasnya di depan massa, kalau sekarang kampanye bisa dilakukan dengan media “kotak ajaib” yang bernama Televisi.

Tapi, tentu saja biaya yang dikeluarkan juga ‘lumayan’ mahal ( kata mereka ). Kalau bagi rakyat kecil biaya yang dikeluarkan untuk kampanye mereka di televisi tentulah amat sangat besar. Seperti yang terjadi pada iklan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir yang belakangan ini banyak diputar sebagai ‘iklan’ di sela – sela program televisi. Maaf kalau jadi menyamakan iklan Bapak SB ini dengan kampanye Pilkada, meskipun saya tahu kampanye bapak SB ini tidak ada hubungannya dengan Pilkada karena konon Bapak SB  ini mengincar posisi lebih tinggi di negeri ini, entah itu presiden, wakil presiden atau ketua MPR. Meski pada beberapa keterangannya kepada pers SB membantah bahwa dia sebenarnya tidak mengincar posisi apapun di negeri ini. Tidak presiden, wakil presiden ataupun ketua MPR. Benar atau tidak hanya dia yang tahu.

Nah kabarnya biaya pembuatan iklan dengan tajuk “Hidup Adalah Perbuatan” ini mencapai angka Rp. 300 Milyar. Bahkan mungkin bisa lebih dari itu karena iklan SB banyak tayang pada jam tayang utama.

Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan para calon kepala daerah yang sedang berlaga di Pilkada? Saya kira angkanya tidak jauh berkisar dari yang dikeluarkan SB ( Ini hanya asumsi pribadi saya ). Ternyata untuk menyampaikan janji politik seorang calon kepala daerah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu seberapa tulus mereka mengeluarkan uang ‘cukup besar’ untuk semua itu? Apakah benar mereka mengeluarkan materi yang tidak sedikit itu semata mata hanya untuk kepentingan ”Bangsa dan Negara” ?

Kalau saja semua calon pemimpin bangsa ini bisa merealisasikan janji – janjinya sewaktu kampanye. Kalau saja semua wakil rakyat yang duduk di lembaga legislatif bisa menepati janjinya seperti yang dikatakan sewaktu kampanye dulu. Kalau saja Presiden kita sekarang mepepati janjinya akan memberantas korupsi sampai ke akar akarnya. Kalau saja Bapak Kapolri juga punya lebih banyak nyali akan menegakkan hukum di negeri ini seperti janjinya ketika baru saja dilantik dulu. Kalau saja para gubernur dan bupati di daerah juga menjalankan visi dan misi mereka ketika kampanye dulu.Yaaa…. kalau saja….

Kalau saja semua janji ditepati di negeri ini, mungkin kita sudah jadi negeri yang maju dan berkecukupan sekarang. Kalau saja.

( harry:02jun08 )

    • nunik
    • Juni 2nd, 2008

    Artikel di Blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca.Anda bisa lebih mempromosikan artikel anda di http://www.infogue.com dan jadikan artikel anda topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin/widget.Kirim artikel dan vote yang terintegrasi dengan instalasi mudah dan singkat.Salam Blogger!!!

    http://politik.infogue.com/
    http://politik.infogue.com/obral-janji-calon-pemimpin-bangsa/

  1. Everyone loves what you guys are usually up too. Such clever
    work and coverage! Keep up the terrific works guys I’ve incorporated
    you guys to our blogroll.

  1. Januari 14th, 2012
    Trackback from : best tire deals
  2. Februari 8th, 2012
    Trackback from : answering service phoenix
  3. Maret 9th, 2012
    Trackback from : andrew breitbart
  4. April 12th, 2012
  5. April 30th, 2012
  6. Mei 4th, 2012
    Trackback from : Click Here!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: