Subsidi BBM Untuk Siapa ?

Ada yang menarik disimak setiap terjadi kenaikan harga BBM. Pihak Pemerintah menyatakan kenaikan harga harus dilakukan karena harga minyak dunia memang naik, sehingga kalau harga minyak dalam negeri tidak naik maka subsidi BBM harus diperbesar, akibatnya anggaran belanja negara juga akan bertambah besar. Subsidi BBM yang semakin besar akan mengakibatkan anggaran belanja negara menjadi defisit lebih besar. Akibatnya utang negara juga akan semakin besar dan yang makin parah nilai tukar rupiah akan semakin lemah.

Tapi rakyat kecil tidak tahu dan ‘tidak ingin tahu’ dengan hitung – hitungan seperti itu. Rakyat tahunya dengan kenaikan harga BBM otomatis harga – harga kebutuhan pokok yang lain juga akan ikut naik. Dan ini memang benar terjadi, dan tentunya semakin memberatkan beban rakyat kecil yang sudah semakin berat di jaman yang sudah susah ini.

Lalu bagaimana sebaiknya menyikapi harga minyak dunia yang terus merambat naik ? Menambah subsidi akan memberatkan beban negara. Menaikkan harga BBM akan memberatkan beban rakyat. Semua pilihan memang ada resikonya dan ada akibatnya.

***


  1. Salam kenal Kang!

    http://blog.cianjurnews.com

    • randublatung
    • Juni 1st, 2008

    nggih salam kenal kembali mas……….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: